Wagub Kandouw Buka Pelatihan Dasar CPNS Pemprov Sulut

oleh -21 views

Manado, Infosulut.id – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, membuka kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan Golongan III Pemprov Sulut Tahun 2023 pada Kamis (02/03/2023).

Wagub Kandouw pun menyampikan kepada CPNS yang baru harus tetap bersyukur karena dari ribuan orang yang mendaftar, hanya ratusan yang diterima.

“Kalau menjadi abdi negara harus menjaga karakter yang baik. Sebab, ribuan ASN dan THL Pemprov Sulut memiliki karakter yang berbeda-beda,”ungkap Wagub Kandouw.

Wagub berharap agar CPNS ini memiliki etos kerja yang tinggi serta penuh rasa tanggung jawab.

“Apresiasi atas penerapan metode mutakhir dalam Latsar yang berbeda dengan tahun sebelumnya,”ungkap Kandouw.

Ditambahkan Kandouw, Motode Blended Learning yang diterapkan ini juga harus dibarengi dengan passion, yang di dalamnya ada rasa memiliki, menikmati dan tanggung jawab.

Kepala BPSDM Daerah, Marhaen Roy Tumiwa mengatakan Latsar diikuti 216, satu mengundurkan diri. Ada tiga metode pelaksanaan Latsar. Blender Learing, Distance Learning dan Clasical.

Peserta harus lulus masuk tahap Distance Learning jarak jauh, tatap muka 22 hari. Dengan persiapan rancangan habituasi dan aktualisasi. “Ada 30 hari full di tempat kerja laporan habitualisasi dan aktualisasi, karakter bela negara sebagai ASN. Peserta akan digodok mental dan fisik. Selanjutnya, di rumah masing-masing dengan belajar mandiri oleh PIC dan LAN,” rincinya.

Hadir pembukaan Latsar, Inspektur Meiki Onibala dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Clay Dondokambey.(Kifli)