Kementerian Kominfo Salut Pada Pemprov Sulut Atas Inovasi Pembangunan Digitalisasi Informasi Pemerintahan

oleh -14 views

Manado, Infosulut.id  — Direktorat Jenderal (Dirjen) Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) RI, Semuel Pangerapan Bsc.MM, mengapresiasi capaian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) pada Kategori Digital.

Apresiasi yang diberikan Kemenkominfo RI ini bersumber dari data media informasi melalui Sulut info.

Menurut Kadis Kominfo, Statistika dan Persandian Daerah Provinsi, Evans Steven Liow S.Sos, MM, kemampuan manajemen dalam mengelola informasi kepada masyarakat sangat efektif, amat terlebih pelayanan umum. Termasuk juga soal pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sebagian besar telah terdigitalisasi.

“Amat terlebih, pengelolaan jaringan telah terintegrasi dan interkoneksi, bahkan sistem pembayaran telah menggunakan Qris serta pelayanan umum sudah digital, dan dibangun oleh SKPD bersama dengan instansi terkait,” tutur Liow, Selasa (21/02/2023).

Kemudian, kata Liow, hal ini patutlah diikuti oleh pemerintah 15 kabupaten/kota sebagaimana diminta oleh Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo RI. Selain itu, hal lain yang harus didorong adalah Literasi Digital, baik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) maupun kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Sehingga kami dari Kementerian Kominfo akan ikut mensuport apa yang dibangun oleh Pak Gubernur Olly Dondokambey SE, dan hal menarik adalah pembangunan digitalisasi informasi pemerintahan yang sedang dan sementara dibangun, baik melalui pembangunan infrastruktur maupun supra struktur,” terang Liow mengutip penyampaian Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo RI, Semuel Pangerapan.

Transformasi Digital ini sudah menyentuh pedesaan dan kawasan yang sulit dijangkau, sehingga ekosistem inovasi khusus digitalisasi yang didukung melalui standar SPBE, dapat segera dirasakan oleh masyarakat melalui pelayanan publik serta tata kelola digital sudah on the track.

Selanjutnya Semuel Pangerapan berjanji bahwa pada Februari 2023 ini pihaknya akan berkunjung ke Sulut.

“Saya akan mengunjungi Sulawesi Utara sekaligus melakukan monitoring dan saya akan diskusi dengan Kadis Kominfo se-Sulut dalam upaya menopang layanan digital, termasuk infrastruktur digital itu sendiri,” pungkas Pangerapan. (Kifli)