Disnakertrans Sulut Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Pada Perempuan

oleh -75 views

Manado, Infosulut.id – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Sulut, Erny Tumondo membuka secara resmi pelatihan berbasis kompetensi program pelatihan pembuatan roti dan kue Sumber Dana APBD tahun 2023 tahap 1.

Pelatihan ini bagi Perempuan kepala keluarga, perempuan pra sejahtera, perempuan Penyintas bencana dan perempuan Penyintas Kekerasan, bertempat di Gedung Michinoeki “PAKEWA” Kota Tomohon, Kamis, 9 Februari 2023.

Erny Tumondo mewakili Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi Program Pembuatan Roti dan Kue di Kota Tomohon ini sasarannya adalah bagi Perempuan sebagai kepala keluarga, perempuan penyintas/korban bencana alam, perempuan penyintas/korban kekerasan dalam rumah tangga dan perempuan pra sejahtera.

“Dengan dibekali ilmu sesuai bidangnya, diharapkan masyarakat mampu bersaing di dunia kerja maupun wirausaha sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan mengurangi tingkat pengangguran,”ungkap Tumundo.

Lanjut Erny, kegiatan pelatihan ini yaitu pembuatan roti dan kue dengan memakan waktu selama 10 hari.

“Nanti selesai pelatihan peserta akan dibekali dengan peralatan usaha dari Dinas PPPA dan bantuan kredit ringanĀ  Perempuan Hebat Bohusami dari Bank Sulut Go,” imbuhnya.

Diketahui pembukaan pelatihan berbasis kompetensi kepada 16 (enam belas) perempuan kepala keluarga miskin, perempuan pra sejahtera, perempuan penyintas kekerasan dan perempuan penyintas bencana tahap I, dalam rangka pemberian bantuan kepada perempuan di Kota Tomohon.

Turut hadir Kadis P3AD Kota Tomohon Dr. Olga M. Karinda, Kabid PUG, KHP dan KK, Dra Grace Enoch dan Kepala BLK Bitung Rachel Rotinsulu sebagai penyelenggara Pelatihan.(Kifli).