Ratusan Siswa di SMKN 2 Manado Ikut Pembekalan Persiapan Terjun PKL

oleh -86 views

Manado, Infosulut.id – Sebanyak 400-san Siswa kelas 11 di SMK Negeri 2 Manado mengikuti pembekalan sebelum terjun untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Jumat (03/02/2023) di Aula Sekolah.

Pada pembekalan tersebut melalui
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Drs Mervi Huwae didampingi juga Wakil Humas dan Industri, Drs Frangky Gumeleng menyampaikan, sebelum mereka terjun PKL maka pada hari ini diberikan pembekalan.

“Ada 400-san siswa yang tersebar di 7 program keahlian dan 12 kompetensi keahlian kelas 11 yang akan terjun PKL,”ungkap Mervi.

Kata dia, mereka akan ikut PKL selama 3 bulan dengan dimulai pada tanggal 6 Februari sampai 29 April 2023.

“Pada tanggal 6 Februari atau hari senin Kepsek Robyn Koloway akan melepas mereka ke tempat PKL,”ungkapnya.

Lanjut dia, dulunya adalah praktek kerja industri dan sekarang menjadi PKL dan kali ini karakter dengan profil pancasila itu yang dibutuhkan sekarang dari pada Siswa.

“PKL mengacu pada Permendikbud no 20 tahun 2020 dimana siswa mengembangkan budaya karakter dan budaya kerja serta meningkatkan kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja dan dunia industri,”jelas Mervi.

Dia pun menambahkan, Jangan sampai saat PKL para siswa tidak tahu apa yang akan dilakukan dan diminta agar melengkapi diri kalian dengan keahlian agar turun lapangan sudah siap.

“Memang tujuan dari PKL ini adalah menyiapkan kemandirian peserta didik dan berwira usaha,”kata dia.

Lanjutnya, Ada siswa disini setelah lulus sudah bisa berwirausaha dengan buka usaha sendiri.

“Kalau tujuan khusus dimana para siswa akan merasakan bekerja di DuDi agar supaya ketika lulus bisa beradaptasi dengan DuDi karena sudah ada penggalaman dan mereka akan mendapatkan ilmu yang tidak ada di Sekolah,”ungkap dia.

Lanjut dia, para siawa juga akan membentuk sikap kerja di DuDi dimana aturan harus menyesuaikan dengan yang ada di industri.(Kifli).