Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Berbandrol 1,9 Triliun dan Ini Manfaatnya

oleh -53 views

Minut, Infosulut.id -Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 19 Januari 2023.

Pada peresmian ini, Presiden Jokowi mengatakan Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun sejak 2016. Artinya, sudah 5,5 tahun dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun rupiah.

“Bendungan Kuwil memiliki kapasitas tampung sebesar 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare. Keberadaan Bendungan Kuwil diantaranya mengurangi banjir di Kota Manado,” ujar Presiden Jokowi yang saat peresmian didampingi Menteri PUPR Basuki, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Forkopimda Sulut, Bupati Minut Joune Ganda.

Presiden Jokowi pun ingat betul Kota Manado pernah banjir bandang tahun 2014. Sehingga, diharapkan bendungan Kuwil bisa mencegah banjir bandang kembali terjadi di Manado.

Lanjut Presiden Jokowi, keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan juga bisa untuk pembangkit listrik Tenaga Mikro Hidro. Bendungan Kuwil disebut mampu menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt. Selain itu, untuk pertanian juga.

Letaknya berada di atas Kota Manado. Sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang,” ucap Jokowi.

Adapun pembangunannya, dikerjakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-DMT (KSO), paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero), dan paket ketiga dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya (Persero) (KSO).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan pertanyaan kepada anak-anak sekolah dasar yang menghadiri peresmian itu, dengan hadiah sepeda. (Kifli).