SMKN 6 Manado MoU Bersama JGEG Manado Disaksikan AGS Jepang Siapkan SDM Siap Kerja

oleh -258 views

Manado, Infosulut.id – AGS JEPANG merupakan Registered Supported Organization ( RSO ) atau dikenal dalam bahasa jepang dengan nama Torokushienkikan (TSK) yang memberikan informasi kerja ke jepang dan menjembatani dengan perusahaan penerima di jepang.

AGS Jepang bekerjasama dengan Jayadi Global Education Center ( JGEC ) sebagai wadah bagi calon pekerja untuk belajar bahasa jepang dan belajar untuk bidang pekerjaan yang akan dipilih di jepang seperti ssw perawat lansia, ssw pertanian atau ssw perhotelan.

Bersama AGS Jepang dan JGEC mengajak siapa saja yang berminat untuk kerja ke Jepang dengan visa kerja SSW ( specified skill worker ).

Hari ini Selasa 22 November 2022 telah dilakukan penandatangan kerjasama ( MoU ) antara SMKN 6 Manado dengan JGEC ( Jayadi Global Education Center ) cabang Manado yang berafiliasi dengan AGS Jepang sebagai RSO ( Registered Supported Organization ) yang memberikan informasi lowongan kerja ke Jepang.

MoU ditanda tangani oleh kedua belah pihak baik dari Jayadi Global Education Center (JGEC) cabang Manado Rilly Hartje Rimporok’ S.Pd
maupun Kepala SMKN 6 Manado Altje Salele S.Pd M.Pd disaksikan para guru dan siswa-siswi.

JGEC cabang Manado Rilly Hartje Rimporok menyampaikan, selain MoU di Sekolah ini kami juga dibawah PT JGPI sudah melakukan kerjasama dengan BP2MI ( Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ) sehingga hal pengiriman tenaga kerja ke Jepang dengan visa SSW bersifat resmi.

” Ya setelah siswa nanti selesai kontrak dan turun COE ( Certificate of Egibility ) akan mengurus EKTLN di kantor BP2MI untuk mendapatkan ID sebagai pekerja resmi di jepang,” ungkapnya.

Kepala SMKN 6 Manado Altje Salele S.Pd M.Pd menyampaikan, dengan adanya MoU ini maka para
siswa – siswi yang sedang belajar Bahasa Jepang di sekolah ini nantinya akan diperdalam bahasa Jepangnya dengan pengajar dari JGEC sampai proses interview dengan perusahaan penerima di Jepang.

“Rencananya di sekolah ini akan dibuat sebuah kelas bahasa Jepang khusus untuk persiapan kerja ke Jepang,”kata Kepsek.

Lebih lanjut menurut Kepsek pihak sekolah akan membicarakan lebih jauh lagi dengan pihak orangtua, shakeholder dan pemerintah provinsi untuk mendapatkan dukungan demi kemajuan siswa -siswa di SMKN 6 Manado. (Kifli).