Pelatihan Jurnalistik di Paroki St Yosep Pelindung Pekerja Kleak Sukses Digelar

oleh -34 views

Manado, Infosulut.id – Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Paroki St Yoseph Pelindung Pekerja, Kleak, Manado, sukses menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Konten Media Sosial.

Kegiatan yang digelar di Aula Paroki St Yoseph Pelindung Pekerja, Kleak, Manado, Sabtu (19/11/2022) ini, diikuti oleh 38 peserta dari sejumlah organisasi kategorial gereja dan pengurus wilayah rohani.

Pastor St Yoseph Pelindung Pekerja, Kleak, Manado, Stenly Mokodompit Pr dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya media massa dan media sosial dalam menyebarkan informasi, termasuk dalam hal pewartaan.

“Bahwa orang yang menguasai dunia adalah orang yang menguasai media massa. Kekuatan media juga menjadi sarana bagi sebuah pewartaan,” ujarnya.

Ketua Komisi Komsos Keuskupan Manado Pastor Yohanes I Made Pantyasa dalam pengantarnya menyampaikan bahwa ide yang bagus untuk inovasi-inovasi yang baru yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan baik di media massa maupun media sosial.

“Gereja bisa memanfaatkan media massa dan media sosial untuk mewartakan keselamatan, dan memberikan bimbingan kepada umat beriman,” ujarnya.

Ahli Pers dari Dewan Pers Yoseph E Ikanubun menjadi narasumber pertama dengan membawakan materi pertama yakni Pers dan Jurnalistik.

Dia memaparkan tentang sejarah perkembangan, serta berbagai fungsi pers. Termasuk juga kerja jurnalistik yang mencakup 6M yakni mencari, memperoleh, memiliki,menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi.

Ikanubun juga memaparkan tentang pengertian pers sebagaimana diatur dalam Pasal 1 UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki,menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia,” papar Ikanubun yang juga Ketua Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado ini.

Pada materi kedua, Ikanubun memaparkan tentang seluk beluk berita mulai dari jenis, unsur, nilai, dan struktur berita. Juga disampaikan terkait beberapa tips dalam penulisan berita.

Materi ketiga terkait dengan Pengelolaan Konten Media Sosial disampaikan oleh Sekretaris Komisi Komsos Keuskupan Manado Romansa Taasire.

Dia memaparkan tentang media sosial sebagai sarana komunikasi secara online melaui koneksi internet: email, web, blog, jejaring sosial, dan juga Whatsapp, Facebook, Instagram dan lainnya.

Usai pemaparan materi, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan berlatih menulis berita sekaligus mengunggah di website. Para peserta juga diberi kesempatan untuk mempresentasekan hasil penulisan berita yang sudah dimuat di website tersebut.

“Pelatihan ini kami rasa sangat bermanfaat untuk memberi pemahaman serta melatih ketrampilan dalam menulis dan menyebarkan informasi media massa maupun media sosial,” papar Koordinator Komsos Paroki St Yoseph Pelindung Pekerja, Kleak, Manado, William Soei.(Kifli).