Disaksikan Gubernur Olly, Andry Prasmuko Dikukuhkan Kepala Perwakilan BI Sulut

oleh -107 views

Manado, Infosulut.id – Deputi Gubernur Senior (DGS), Destry Damayanti memimpin Pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sulawesi Utara Andry Prasmuko menggantikan Arbonas Hutabarat di KPw BI Sulut, Jumat (04/11/2022)

Sebelumnya, Andry Prasmuko menjabat sebagai Deputi KPw BI Provinsi Jawa Tengah. Sementara Arbonas Hutabarat dipromosikan menjadi Kepala Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan Laporan BI Indonesia.

“Prosesi pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan dan serah terima jabatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2022 oleh Gubernur Bank Indonesia, kepada 11 pimpinan satuan kerja, baik di Kantor Pusat maupun di Kantor Perwakilan Dalam Negeri,” kata Damayanti dalam sambutannya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari transformasi organisasi dan Sumber Daya Manusia yang dilakukan Bank Indonesia untuk mewujudkan visi BI menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia maju.

Dengan pergantian pimpinan ini, Deputi Gubernur Senior berharap KPw BI Provinsi Sulawesi Utara dapat terus menjadi partner utama bagi pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Utara.

” Ditengah kondisi global yang masih belum menentu, Provinsi Sulawesi Utara dengan dukungan sektor Pertanian yang kuat, masih mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi pada Tw II 2022 sebesar 5,93% (yoy) , atau masih diatas pertumbuhan Nasional yang sebesar 5,44% (yoy). Di sisi lain, pada posisi bulan Oktober 2022, Sulawesi Utara juga mencatatkan angka inflasi sebesar 4,72% (yoy) yang juga dibawah angka Nasional sebesar 5,71% (yoy),” ujarnya.

Demikian hal nya dalam upaya mendorong inklusifitas dan digitalisasi ekonomi, Deputi Gubernur Senior mengapresiasi berbagai inisiatif yang telah dilakukan, dalam mendorong UMKM untuk naik kelas, Go Digital dan Go Export, serta program transformasi digital seperti elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD), dan Program Pasar S.I.A.P QRIS.

Pencapaian ini, tentunya tidak akan muncul terjadi tanpa adanya kerjasama dan sinergi yang kuat antara Bank Indonesia dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholders terkait.

Untuk itu, Damayanti menyampaikan apresiasi terhadap Arbonas Hutabarat yang telah membangun lingkungan kerjasama yang kondusif di Sulawesi Utara dan berharap agar Andry Prasmuko dapat melanjutkan dan lebih meningkatkan sinergi dan kerjasama yang telah terjalin selama ini.

Sementara Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey saat menghadiri pengukuhan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi atas berbagai bentuk implementasi kebijakan BI yang strategis dalam upaya pengendalian inflasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

” Kebijakan BI Sulut melalui Bapak Arbonas Hutabarat telah melakukan sinergi yang baik, dengan pemerintah, yaitu akselerasi digitalisasi dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, upaya konsisten dalam pengembangan ekonomi, menjaga peredaran uang kartal, mendorong ekosistem ekonomi digital, serta berbagai upaya lainnya dalam mendorong potensi ekonomi di Sulawesi Utara, termasuk pariwisata” kata Gubernur Olly.

Gubernur Olly pun berharap sinergitas terus terjaga, koordinasi, dan kolaborasi dengan Bank Indonesia tetap berlanjut.(Kifli).