Dipantau Kemendikbud Ristek dan Kadis Dikbud Manado, Puluhan Siswa di SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado Antusias Ikut ANBK

oleh -334 views

Manado, Infosulut.id – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Asesmen Nasional dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Tujuan ANBK itu sendiri adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) yang dikerjakan pada kelas V.

Khusus di Kota Manado, Senin (24/10/2022) hari ini adalah hari pertama dilaksanakan ANBK tingkat Sekolah Dasar (SD) baik Negeri maupun Swasta.

Dalam pantauan, pelaksanaan ANBK di SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado dipantau langsung dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado DR Deysie Lumowa M.Pd dan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Triana Almas, M.Si.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Triana Almas, M.Si mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado DR Deysie Lumowa M.Pd mengatakan,
ada 4.835 Siswa SD di Kota Manado sebagai peserta ANBK yang tersebar 226 Sekolah.

“Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan ANBK tingkat SD di Kota Manado dan kami mendapat kunjungan dari Kemendikbud Ristek dan dipilih di SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado jadwal kunjungan pertama,”ungkap dia.

Lanjut Kabid, mereka memantau langsung pelaksanaan ANBK dan melihat apa ada kendala yang dihadapi.

“Kami bersyukur ada sebanyak 30 siswa kami yang dipilih secara acak bisa mengikuti dengan baik ANBK tahun 2022 di hari pertama ini,” kata Kepala SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado, Maissye Watania S.Pd Senin (24/10/2022).

Lanjut Kepsek, dihari pertama sudah mendapat kunjungan dari Pemerintah Pusat yakni tim dari Kemendikbud Ristek didampingi juga Kadis Dikbud Manado DR Deysie Lumowa M.Pd dan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Triana Almas, M.Si.

“Siswa kami yang menjadi peserta semuanya hadir dan tidak ada kendala yang dihadapi dihari pertama ini dengan berharap sampai hari terakhir besok bisa berjalan lancar,”tutupnya.(Kifli).