Menjadi SMK Pusat Keunggulan, SMKN 1 Lolak Terus Pacu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

oleh -52 views

Bolmong, Infosulut.id – SMK Negeri 1 Lolak yang sudah menjadi SMK Pusat Keunggulan ini terus memacu realisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Pada Jumat (16/09/2022) dilaksanakan juga workshop Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Program SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Lolak.

Workshop Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tersebut dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan Dikda Wilayah Bolmong, Agil Perwita S.Pd. katanya IKM harus betul dipahami setiap guru dan harus diimplementasikan kepada para siswa.

“Para guru wajib menguasai dan ini sangatlah bermanfaat dan bisa menentukan nasib masa depan para generasi bangsa dan juga untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan bagi para guru.

Lanjutnya, profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil. Pelajar Pancasila disini berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya.

Kepala SMKN 1 Lolak, Nin Paputungan SP.d menyampaikan, materi dalam bimtek ini sangatlah baik bagi peningkatan kompetensi guru disini.

“Kami sangat bersyukur pada hari ini guru – guru bisa mengikuti bimtek IKM ,”katanya.

Kata Kepsek Paputungan, kurikulum merdeka ini sangatlah memberi ruang yang lebih luas bagi pengembangan karakter dan kompetensi dasar siswa.

” Kurikulum ini lebih unggul dan lebih membantu para guru untuk fokus pada materi esensial dan merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2013,”ungkap Kepsek.

Sementara melalui pengawas Dikda Sulut yang juga Pelatih Ahli di SMK PK, Dra.Vonny Tambuwun, M.P.d mengatakan, ada banyak hal yang diajarkan kepada para guru terkait IKM yang berlaku pada tahun 2022 ini.

“IKM ini sangatlah penting dan guru wajib paham agar dapat diimplementasikan kepada para siawa Sebagai Pusat Keunggulan, SMKN 1 Lolak ,”kata Tambuwun.

Katanya, kurikulum prototipe yang sudah berlaku tahun 2022-2024 ini bentuk pemulihan pembelajaran yang dikenal kurikulum paradigma baru karena model ini berbasis digital.

” Kurikulum ini lebih unggul dan lebih membantu para guru untuk fokus pada materi esensial dan merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2013,”ungkap Tambuwun.

Kata dia, disini guru akan mengajarkan dengan menggunakan platform digital yakni dimana ada teknis guru bisa mengajar secara daring dan luring.

“Diharapkan para Kepsek harus berperan aktif guna meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dalam pembelajaran saat ini,”jelasnya.

Dalam bimtek IKM diberikan materi tentang kerangka kurikulum, struktur kurikulum, prinsip pembelajaran dan assesmen, platform merdeka belajar, pengorganisasian pembelajaran, merancang pembelajaran, merancang modul, proyek penguatan profil pelajar pancasila.(Kifli)