Melihat Peserta Didik SMK Alkhairat Pinogaluman Ikut Ujian ANBK di Hari Pertama

oleh -101 views

Bolmut, Infosulut.id – SMK Alkhairat Pinogaluman Bolmut melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang  dilaksanakan di Ruang Laboratorium SMA N 1 Pinogaluman pada Rabu (31/08/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 10 siswa/i dari berbagai jurusan yang ada di SMK Alkhairat Pinogaluman.

Kepala SMK Alkhairaat Pinogaluman, Alhanapi Aku, S.Pd mengatakan, sekolahnya saat ini masih minim fasilitas komputer sehingga proses ANBK di laksanakan di SMA N 1 Pinogaluman.

“Semoga kami bisa laksanakan secara manadiri pada tahun depan ini karena Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada tahun ini memberika bantuan pada kami berupa Dana Alokasi Khusus seperti laboratorium Komputer dan perpustakaan lewat Dinas Pendidikan Daerah Sulut,”ungkap Kepsek.

Kata Kepsek, SMK Alkhairaat Pinogaluman terletak di perbatasan Provinsi Gorontalo sehingga hal ini tentunya sangat tepat dengan program Gubernur Sulawesi Utara dalam membangun Sulut dari perbatasan.

Perlu diketahui bersama bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.(Kifli).