Terus Berbenah, RS Jiwa Ratumbuysang Akan Menjadi Pusat Rujukan Pelayanan Kesehatan Jiwa di Indonesia Timur

oleh -174 views

Minahasa, Infosulut.id – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. Dr. V.L. Ratumbuysang yang berada di Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa ini sampai saat ini terus berbenah baik penyelesaian pembangunannya maupun pengisian peralatan medisnya.

Rumah sakit jiwa yang telah di soft opening oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw pada Senin (26/7/2021) lalu ini akan menjadi RS Jiwa pusat rujukan pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia Timur.

Kemegahan gedung dan kelengkapan peralatan medisnya serta lokasinya yang terbilang indah ini karena berada diketinggian mandolang yang dibawahnya bisa dilihat keindahan laut bunaken dan kota manado sangatlah tepat bagi pasien jiwa itu sendiri.

Sebelumnya RS Jiwa ini berada di Jalan Bethesda Manado. Namun, fasilitas itu kemudian diubah menjadi Rumah Sakit Umum, sekarang bernama RS ODSK.
RSJ kemudian dibangun di Desa Kalasey 2, terletak di area bukit dengan pemandangan Teluk Manado beserta Pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken.

Melalui Direktur RS Jiwa Prof. Dr. V.L. Ratumbuysang, Samuel AR Malingkas SpM (K) Sabtu (23/07/2022) saat dihubungi melalui whatsapp menyampaikan,
Rumah sakit jiwa ini akan menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia Bagian Timur.

“Sekarang masih tahap penyelesaian gedung dan kami akan melakukan pengelolaan dan pemberian pelayanan yang prima kepada masyarakat,”ungkapnya.

Lanjut dia, pasien laki – laki sudah terlebih dahulu dipindahkan disini dan masih tersisa pasien perempuan karena masih menunggu penyelesaian gedungnya.

Sementara itu melalui Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Daerah (Perkimtan) Provinsi Sulut, Stif Keppel  secara terpisah mengatakan, proyek tersebut nanti akan selesai Desember 2022 ini.

“Memang kami masih mau bangun lagi ruang rawat inap dan rawat jalan,”jelasnya melalui pesan singkat WhatsApp.

Walaupun belum semua terbangun, tetapi kata Keppel RS Jiwa ini sudah bisa beroprasi.(Kifli).