Berkat Perjuangan, SMKN 1 Lolak Satu – Satunya Sekolah Negeri di Bolmong Lolos SMK PK

oleh -119 views

Bolmong, Infosulut.id – SMKN 1 Lolak adalah satu – satunya sekolah negeri yang lolos menjadi SMK Pusat Keunggulan tahun 2022 di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Lolos SMK PK jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan menjadi kebanggaan tersendiri sekolah ini dan juga menjadi kebanggaan masyarakat Bolmong.

Jurusan yang terbilang langkah di Kabupaten Bolmong ini juga terbilang banyak peminat siswa baru yang masuk.

Keinginan masyarakat ingin memasukkan anaknya disekolah ini adalah berkat kerja keras Kepala Sekolah dan para guru – guru yang terus mengsosialisasikan dan mengembangkan sekolah ini.

SMKN 1 Lolak yang dipimpin Kepala Sekolah, Nin Paputungan SP.d saat ini sudah menjadi incaran para siswa baru yang masuk.

Lihat saja, menurut Kepala SMKN 1 Lolak Nin Paputungan SP.d saat ditemui di sekolahnya Selasa (19/07/2022) mengatakan, saat ini ada 176 siswa baru yang masuk dan setiap tahun terus terjadi peningkatan.

“Ya sekolah kami terus dilengkapi fasilitasnya baik gedung maupun peralatan prakteknya serta dilengkapi dengan SDM yang mumpuni,”kata Kepsek Paputungan.

Lanjut Kepsek, sekolahnya yang berdiri sejak 2012 lalu ini ada 7 jurusan keahlian yakni
1. Nautika Kapal Penangkap Ikan
2. Akuntansi Keuangan Lembaga
3. Asisten Keperawatan
4. Teknik Kendaraan Ringan
5. OTKP Otomatisasi Tatakelola Perkantoran
6. Teknik Komputer Jaringan
7. Desain Permodelan

” Jurusan nautika kapal penangkap ikan paling banyak diminati siswa yakni sudah ada 120 siswa dan siswa baru tahun ini yang masuk ada 32 siawa,”kata dia.

Lanjutnya, sekarang total siswa ada 512 orang dan ini setiap tahun terjadi peningkatan siswa baru yang masuk.

“Semua siswa lulusan disini sudah siap kerja karena apa yang mereka dapat sewaktu disekolah siap dipraktekkan di IDUKA,”jelasnya.

SMK Pusat Keunggulan merupakan program Dirjen Vokasi bersama Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi.  Salah satu tujuannya bagaimana menghasilkan lulusan yang terserap di dunai kerja atau model dunia usaha untuk mengurangi pengangguran artinya anak-anak siap kerja. (Kifli).