Antusias Pelajar SMP Mengunjungi Hari Terakhir Pameran Pendidikan

oleh -119 views

Minut, Infosulut.id – Dinas Pendidikan Daerah Sulut menggelar pameran pendidikan dalam rangka memperingati puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi Sulut yang dimulai pada Rabu (18/05/2022) yang di pusatkan di SMA Guru Lombok Kalawat Minahasa Utara.

Stand pameran pendidikan yang diikuti sekolah penggerak dan SMK Pusat Keunggulan tersebut berlangsung selama dua hari mulai Rabu (18/05/2022) – kamis (19/05/2022) dan sejak hari pertama sampai hari terakhir antusias pelajar tingkat SMP sangatlah tinggi.

Para siswa yang mengunjungi stand SMKN 1 Manado pun terlihat sangat antusias ingin mengetahui keunggulan dari sekolah tersebut yang sudah menjadi SMK Pusat Keunggulan.

Cindy Lengkey dari SMP Negeri 1 Kauditan yang mengunjungi stand SMKN 1 Manado pun sangat senang bisa mengetahui keunggulan dari Sekolah tersebut dan dia pun sangat tertarik kalau lulus nanti ingin masuk SMK.

“Saya tertarik ingin masuk SMK karena kalau lulus nanti sudah memiliki keahlian khusus dan bisa langsung kerja,”ungkap Cindy yang masih duduk di kelas VII ini.

Hal yang sama juga diutarakan Siswi dari SMPN 1 Kalawat Minut, Kari Maliyangkai. Kata dia, setelah melihat stand SMKN 3 Bitung adalah sekolah yang siap kerja dan memiliki kemampuan khusus maka dirinya ingin masuk SMK.

” Saya lihat SMK sudah melahirkan SDM yang unggul dimana telah bekerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri,” kata Kari yang saat ini duduk di kelas IX.

Sementara menurut Kepala SMKN 1 Manado, Drs. Jenner Rein Rumerung bahwa Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

” Program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria,”kata Kepsek.

Lanjut Rumerung, SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.(Kifli).