Ini Dua Nama Calon Kuat Penjabat Bupati Bolmong dan Sangihe Pertama Disebut Wagub Kandouw

oleh -713 views

Manado, Infosulut.id – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw, kepada wartawan di kantor Gubernur, Rabu (13/04/2022) mengatakan, Kemendagri sudah menyurat ke Pemprov, terkait segera berakhirnya masa jabatan Bupati Bolaang Mongondow dan Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe pada bulan Mei 2022.

Kata Wagub, terkait surat dari Kemendagri tersebut, Gunernur Sulut Olly Dondokambey, akan segera menindaklanjutinya.

Untuk pengusulan nama-nama calon penjabat di Kedua Daerah tersebut, sesuai rencana sesudah tanggal 18 April 2022. Sebab lanjut Wagub sebelum ada pengusulan ke Mendagri, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) di kedua daerah tersebut harus melaksanakan paripurna pemberhentian bupati.

“Kabupaten Bolmong sudah lakukankan paripurna, sementara Kabupaten Kepulauan Sangihe sesuai rencana agenda paripurna akan dilakukan tanggal 18 April 2022,” kata Wagub.

Lalu siapa yang bakal menjadi penjabat Bupati di Bolmong dan Sangihe ? Wagub menyebutkan, ada tiga nama setiap daerah yang di usulkan.

Dari nama-nama tersebut, untuk Kabupaten Bolmong nama Limi Mokodompit, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulut pertama di sebut Wagub, sementara Sangihe adalah dr Riny Tamuntuan, Kepala Dinas Sosial Pemprov Sulut.

Nama lain disebut Wagub untuk Bolmong selain Limi, ada Abdullah Mokoginta, Karo Adpim Setda dan Lukman Lapadengan Karo Ekonomi. Untuk Sangihe nama lain Yani Lukas, Kadis Kebudayaan Sulut.

“Nama-nama calon segera di godok Pemprov Sulut dan selanjutnya segera di kirim ke Mendagri,” tegas mantan Ketua DPRD Sulut itu.(Kifli).