Kasad Beri Kuliah Umum di Unsrat, Ingatkan Mahasiswa Tingkatkan Budaya Literasi Hindari Berita Hoax

oleh -160 views

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberi Kuliah Umum di Unsrat.(Foto:Istimewah).

Manado, Infosulut.id – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberi Kuliah Umum di Auditorium Universitas Sam Ratulangi, Senin (11/04/2022).

Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Grevo Gerung, M.Sc yang mewakili Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA mengucapkan selamat datang kepada Kasad di Kampus Sitou Timou Tumou Tou.

“Apresiasi yang tinggi kepada Kasad yang telah bersedia untuk meluangkan waktu memberikan kuliah umum di Unsrat,” kata Prof Gerung.

Lebih lanjut Gerung mengatakan, “Unsrat merupakan salah satu perguruan tinggi di Sulut yang memiliki 11 Fakultas dan Pascasarjana dengan total mahasiswa 27.600-an orang,” katanya.

Kasad sendiri memberikan materi kuliah umum tentang, “Mahasiswa dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.”

Dihadapan ratusan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), salah satu materi kuliah disampaikan Kasad adalah soal berita bohong, yang pada akhirnya mudah sekali terjadi konflik Sara.

“Bangsa ini milik bersama, bukan milik satu kelompok,” ucap Kasad.

Dengan jaringan internet yang begitu terbuka juga diiringi dengan berkembangnya berita bohong dengan menggunakan platform media.
Suatu era dimana kebohongan dapat menjadi kebenaran dengan memainkan emosi dan perasaan.
“Ini berbahaya apabila tidak diimbangi dengan budaya literasi yang memadai,” terangnya.

Kasad juga menyampaikan bahwa,”Mahasiswa adalah agen perubahan dan mahasiswa juga garda terdepan penjaga nilai-nilai pancasila,” pengkasnya.(Kifli).