Kabid SMA Sri Ratna Pasiak Berikan Motivasi Kepada Puluhan Guru di SMAN 1 Passi

oleh -314 views

Bolmong, Infosulut.id – Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Dr Sri Ratna Pasiak, S.Pd M.Pd saat mengunjungi SMA Negeri 1 Passi pada Selasa (29/03/2022) langsung memberikan arahan motivasi kepada para guru.

Kata Kabid Sri Ratna Pasiak dihadapan para guru yang didampingi Kepala SMA Negeri 1 Passi, Herlina Bae menyampaikan, guru harus memiliki sikap pribadi yang dijiwai oleh kasih sayang yang utuh dan memiliki sikap rela berkorban bagi kemajuan generasi bangsa.

” Menjadi guru adalah sebuah profesi yang mulia, karena seorang guru membagikan dan mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain,” kata mantan Kacabdin Talaud ini.

Kabid Sri yang pernah merasakan menjadi guru di daerah terpencil yang jalannya melewati gunung dan juga melewati laut ini pun berpesan agar para Guru sebagai tenaga pendidik, tugas utamanya mengajar dan memiliki karakteristik kepribadian berbudi luhur yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. Kepribadian yang mantap dari sosok guru akan memberikan teladan ataupun contoh yang baik terhadap siswa maupun masyarakat pada umumnya dan guru merupakan faktor yang paling utama bagi keberhasilan siswa.

“Pada dasarnya perilaku yang dapat ditunjukan oleh siswa dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh seorang guru. Dengan kata lain, guru memiliki pengaruh terhadap perubahan siswa. Untuk itulah, guru harus dapat menjadi contoh dan menjadi teladan bagi siswa, karena guru adalah representasi dari sekelompok orang pada suatu komunitas atau masyarakat yang diharapkan dapat menjadi teladan, yang dapat digugu dan ditiru,”jelas Kabid Sri yang berdarah Talaud ini.

Lanjutnya, keteladan guru yang baik adalah contoh yang baik dari guru baik yang berhubungan dengan sikap, perilaku, tutur kata, mental, maupun yang terkait dengan akhlak yang moral yang patut dijadikan contoh bagi siswa.

” Keberhasilan sebuah sekolah yang dapat melahirkan generasi muda yang handal adalah hasil dari kekompakkan,”jelas Kabid.(Kifli).