Saksikan Pengukuhan FASIDA Sulut Periode 2021-2025, Ini Pesan Gubernur Olly

oleh -162 views

Pengukuhan FASIDA Sulut Periode 2021-2025. (Foto: Serda Adhittya.)

Manado, Infosulut.id – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, menyaksikan pelantikan Pengurus Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sulawesi Utara Periode 2021-2025 di Grand Kawanua Internasional City Novotel Manado, Senin (21.03.2022).

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan bahwa kegiatan FASI dari sebelumnya telah berjalan dengan baik. Sehingga, diharapkan setelah tahun 2022, pengurus FASIDA Sulut sudah dapat menyusun agenda kegiatan olahraga dirgantara yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Menurut Gubernur, organisasi FASI ini memerlukan keberanian tersendiri. Sebab, itu sekarang dibutuhkan regenerasi agar olahraga dirgantara ini tetap jaya di Sulawesi Utara.

“Kami pemerintah sangat mengharapkan kegiatan olahraga dirgantara ini dapat berjalan terus, di Sulawesi Utara. Pemerintah pasti akan men-support penuh, semua kegiatan yang diselenggarakan oleh FASI, baik Nasional maupun Internasional. Kami akan mem-back-up full dalam setiap event-event yang diselenggarakan,” ujar Gubernur Olly Dondokambey, SE.

Sebelumnya, DR. Joy A.M. Rattu, mewakili Ketua KONI Sulut, Steven Kandouw yang juga Wagub Sulut, dalam sambutan lisannya sempat menjelaskan sejarah organisasi FASI.

Katanya, organisasi FASI unik dibandingkan dengan organisasi olahraga lainnya. FASI adalah induk olahraga dengan delapan cabang olahraga. Cabang-cabang olahraganya antara lain Paralayang, Terjun Payung, Aeromodelling, Gantole, Paramotor.

Selanjutnya, Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto, SE., CHRMP., sehari-harinya menjabat sebagai Asisten Potensi Dirgantara Angkatan Udara (Aspotdirga) Kasau selaku Ketua Harian PB FASI melantik dan membacakan janji prasetia Pengurus FASIDA Sulut.

“Pelantikan yang ditandai dengan pengucapan janji Prasetia adalah bukti kebulatan tekad dan semangat Pengurus FASI Provinsi Sulut untuk membina dan memajukan Olahraga Dirgantara,” kata Marsda TNI Bowo Budiarto Ketua Harian PB FASI dalam sambutannya.

Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah World Beach Games 2023, rencananya dilaksanakan di Manado. PB FASI saat ini sedang mengusulkan kepada Komite Olimpiade Indonesia, agar Paralayang dapat dilombakan dalam even besar tersebut.

Pada tahun 2024, Indonesia akan melaksanakan PON XXI/ 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. Merupakan kejuaraan multi event Tingkat Nasional. Harapannya, olahraga dirgantara yang dipertandingkan pada PON XXI/ 2024 akan bertambah satu cabang olahraga yakni Paramotor.

Kabar baik diperoleh dari Kejuaraan Nasional Paradigling Troi Indonesia Air Force Cup 2022 di Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Palu. Dalam perlombaan Paralayang tersebut Provinsi Sulawesi Utara meraih prestasi juara pertama dalam Kategori Ketepatan Mendarat Tandem. Prestasi Atlet Sulut atas nama Andrew Yehezkiel Wauran dan Marcel.

Dalam hal ini, Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., turut dilantik selaku Ketua FASIDA Sulut. Sedangkan jajaran FASI yang hadir, Kapuspotdirga selaku Sekjen FASI Marsda TNI Fajar Adriyanto, Kabid Prestasi FASI Marsma TNI Rolland Waha, serta Ketua Komite Aeromodeling Ir. Arya Sidharta.(Kifli).