Dua Siswa SMKS Katolik ST Familia Tomohon Ikut Perkemahan Wirakarya Nasional 2021 di Jambi

oleh -493 views

Tomohon, infosulut.id – SMKS Katolik ST Familia Tomohon yang merupakan SMK Pusat Keunggulan ini mengutus dua Siswa sebagai anggota pramuka untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional 2021 di Provinsi Jambi pada 3-10 Desember 2021.

Perkemahan Wirakarya, Kemah Bakti, atau biasa disingkat PW adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

Kedua anggota pramuka tersebut dilepas langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Tomohon, Jean D’Arc Florentia Karundeng yang juga Istri Walikota Tomohon CAROLL JORAM AZARIAS SENDUK, SH yang didampingi Kepala SMKS Katolik ST Familia Tomohon, Sr. Tetty Sabaria Sitorus, S.Si,.M.Pd.

Pelepasan berlangsung di SMKS Katolik ST Familia Tomohon yang juga dirangkaikan dengan pelantikan 50 orang Siswa dan Siswi sebagai anggota pramuka pada Senin (29/11).

Kepala SMKS Katolik ST Familia Tomohon, Sr. Tetty Sabaria Sitorus, S.Si,.M.Pd menyampaikan, Kontingen PWN 2021 Kota Tomohon akan bertolak menuju lokasi perkemahan pada 2 Desember 2021.

“Diharapkan mereka bisa berkolaborasi dan beraktivitas bersama teman mereka dari daerah lain dan mengukir prestasi,” kata Kepsek.

Sementara itu Kepsek menyebutkan sangat senang dan mengapresiasi Ibu Jean D’Arc Florentia Karundeng yang juga Istri Walikota Tomohon yang memberikan semangat kepada Siswanya yang akan ikut PWN 2021.

” Ini sangat luar biasa, perhatian Kwarcab daerah terhadap Pramuka,” kata Kepsek.

Sementara itu menurut Rudi Ronny Tumurang pembina pendamping pramuka di SMKS Katolik ST Familia Tomohon menyampaikan, kedua siswanya yang akan ikut pramuka dari kelas 12 bernama Angel Rumayar dan Kristian Palit.

“Kami pramuka ada sembilan karakter yang di bina pada anggota pramuka,”jelasnya.

Sembilan karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal yaitu,

  1. Karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
  2. Kemandirian dan tanggung jawab
  3. Kejujuran
    4.Hormat dan santun
  4. Dermawan, suka menolong dan gotongroyong/kerjasama
  5. Percaya diri dan pekerja keras
  6. Kepemimpinan dan keadilan
  7. Baik dan rendah hati
  8. Toleransi, kedamaian, dan kesatuan

Pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Penyelenggaraan pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan bimbingan anggota dewasa.

Penulis : Julkifli Madina

Tinggalkan Balasan