Adriana Dondokambey sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Kepada Pelajar SMKN 1 Tomohon

oleh -774 views

Tomohon, Infosulut.id – Anggota MPR RI dan Juga DPR RI Komisi X, Dra Adriana Dondokambey, M.Si pada Sabtu (13/03) melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika) kepada kalangan pelajar di SMK Negeri 1 Tomohon, agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami sengaja menyasar kalangan pelajar karena bertujuan untuk membentuk fondasi yang kuat terhadap generasi muda yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa,” kata Adriana.

Sosialisasi empat pilar tersebut, kata dia, juga bertujuan untuk membangun ideologi yang kuat sebagai anak bangsa sehingga mereka terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sejak usia muda.

Menurut dia, banyak orang yang hapal Pancasila, tetapi mereka jarang yang memahami makna dari Pancasila itu sendiri dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya sosialisasi empat pilar tersebut, kata dia, generasi muda tidak hanya hapal dengan Pancasila, melainkan juga memahami tentang makna Pancasila itu sendiri.

“Generasi muda perlu memahami nilai-nilai Pancasila, sehingga kasus tawuran antar pelajar atau terpengaruh paham lain tidak sampai terjadi. Hal ini sebagai langkah untuk membangun ideologi anak bangsa,” ujarnya.

Kepala SMKN 1 Tomohon, Dra Ainun Muhamad Saleh menyambut baik adanya sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut.

“Harapannya, generasi muda sebagai penerus bangsa dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sehingga mereka tidak mudah terjerumus pada radikalisme,” ujarnya.

Empat pilar kebangsaan tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Sulut yang diwakili Staf Ahli Bidang Pendidikan, Dra Anne Dondokambey, Kepala Dinas Pendidikan Sulut yang diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Cabang Minahasa – Tomohon, Joice Rumengan.

Pada penyambutan Anggota MPR RI dan Juga anggota DPR RI Komisi X Bidang Pendidikan, Dra Adriana Dondokambey, M.Si pihak sekolah menyiapkan tarian kabasaran didepan pintu masuk, dihalam sekolah disambut dengan musik bambu dan di tempat kegiatan disambut dengan musik kolintang yang dimainkan oleh para siswa/Siswi serta para alumni dan sebelum kegiatan dilakukan penanaman Pohon ketapang kencana dihalaman Sekolah.

Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yakni 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna memutus penyebaran Corona.(Kifli).

Tinggalkan Balasan