Dimasa Pandemi, SMKN 1 Bitung Siapkan Siswa PKL Dengan Menghadirkan DuDi

oleh -1,919 views


Bitung, Infosulut.id – SMK Negeri 1 Bitung pada praktik dimasa pandemi Covid-19 kali ini, mempersiapkan siswanya untuk melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di Sekolah.

Biasanya para siswa PKL terjun kelokasi Dunia Usaha dan Dunia Industri, tetapi dengan adanya Pandemi Covid-19 maka para siswa melakukan praktik hanya di lingkungan Sekolah dengan menghadirkan instruktur pengajar dari DuDi.

“Ya pelaksanaan PKL SMK di DuDi menunggu sampai pandemi Covid-19 benar-benar berakhir atau sudah aman kembali melaksanakan aktivitas seperti biasa. Menurutnya PKL juga sulit dilaksanakan dalam waktu dekat karena banyak DUDI yang belum beroperasi dengan baik. “DUDI juga masih belum stabil,” ujar Kepala SMKN 1 Bitung, Mieske Jemima Makadada S.Pd Jumat (02/9).

Kata Kepsek, Siswa SMK yang mengikuti PKL biasanya ditempatkan di DUDI atau kantor pemerintahan sesuai dengan kompetensi keahlian mereka.

“Pelaksanaan praktik tetap dilaksanakan namun secara tatap muka di Sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan cegah penularan Covid-19. Hal itu dikarenakan tidak semua praktik bisa dilaksanakan secara daring,” Ungkap Kepsek.

“Memang tidak semua yang praktik bisa secara daring, misalnya menyambung kabel atau di bengkel tidak bisa daring,” katanya.

Dijelaskannya, Penerapan protokol kesehatan saat praktik di Sekolah tetap bisa dilakukan, karena memang pelaksanaan praktik di beberapa kompetensi keahlian secara tidak langsung tidak dilakukan secara berkerumun dan hanya beberapa siswa yang masuk secara bergantian.

Beliau menjelaskan, praktik sangat penting di SMK, karena siswa harus mengalami langsung tindakan yang berkaitan dengan skill atau kemampuan kompetensi yang dipelajari. Keterampilan praktik kejuruan tidak bisa hanya dilakukan dengan daring

“Siswa SMK harus diasah skill-nya supaya jadi kompeten di bidangnya masing-masing. Dengan hadir di sekolah mereka belajar Project Best Learning atau pembelajaran berbasis membuat produk nyata yang mulai dari perencanaan desain, proses pembuatan, dan kontrol kualitasnya didampingi oleh gurunya,” jelas Kepsek Makadada. 

Kata dia, kelas 12 di Sekolahnya yangbakan ikut praktik ada tiga ratusan siswa yang tersebar di 7 jurusan keahlian yakni Akuntansi Keuangan Lembaga, OTKP, Bisnis Daring Pemasaran, Teknik Komputer dan Jaringan, Akomodasi Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, dan Tata Boga.

“Pada bulan Ini jadwal praktiknya pada minggu kedua dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan