Grace Punuh: SMKN Pariwisata Lahirkan SDM Siap Kerja Tunjang KEK Pariwisata Sulut

oleh -487 views


Manado, Infosulut.id – Sulawesi Utara yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), tentunya selain harus menyiapkan infrastruktur penunjang, tetapi juga ikut ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw melalui Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut menghadirkan SMK Negeri Pariwisata Manado.

Sekolah khusus Pariwisata ini merupakan lembaga pendidikan pertama dan satu-satunya yang ada di Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut, dr Grace Punuh MKes Selasa (25/08) mengatakan, kehadiran SMK Negeri Pariwisata Manado merupakan suatu terobosan yang dijajaki Dinas Pendidikan Daerah Provinsi guna menghasilkan SDM handal di sektor Pariwisata, khususnya guna menunjang program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang sedang dibangun pemerintah pusat dan daerah di Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

“Kami dari jajaran pendidikan menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw yang mendukung dan menunjang hadirnya SMK Negeri Pariwisata Manado untuk SDM handal. Ini dapat juga menunjang KEK Pariwisata Likupang, sebagaimana program pemerintahan presiden Joko Widodo,” kata Grace Punuh di lokasi pembangunan SMK Negeri Pariwisata Manado, Kayuwatu Manado, Selasa (25/08/2020) pagi.

“Kita berharap, dengan kehadiran sekolah ini secara berkelanjutan capat menghasilkan SDM handal dan unggul di bidang Pariwisata untuk KEK Pariwisata Likupang,” tambahnya.

Dijelaskan Punuh, pada lokasi SMK Negeri Pariwisata Manado akan dibangun Gedung Utama, Perpustakaan, Ruang Kelas Siswa, Ruang Praktik Siswa, Jamban, Lapangan Olahraga, Laboratorium, Lapangan Upacara, Ruang Serbaguna, Kolam Renang, Hotel dan Area Parkir.

“Untuk tahap pertama pembangunan, akan dibangun Ruang Praktek dan Ruang Kelas Siswa dengan anggaran berbentuk Fisik pada tahap ini sebesar Rp 3.568.481.000 dan Berupa peralatan RP 2,4 Miliar bersumber dari APBN 2020,” Jelas Punuh

Lanjut Punuh, Tahap pertama ini direncanakan selesai pada 31 Desember 2020 dengan menggunakan pekerja lokal untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

” Gubernur Sulut, Olly Dondokambey akan melakukan peletakkan batu pertama pembangunan SMKN Pariwisata pada siang ini,” Tutup Punuh.

Tinggalkan Balasan