Kepala BI Sulut Arbonas, Sulut Hanya Dijatahi 700.000 Lembar Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu

oleh -750 views

Foto : Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat di tengah bersama Pimpinan BI Sulut yang lain menunjukkan uang baru pecahan Rp 75 ribu di Kantor BI Sulut Selasa (18/08).

Manado, Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, Bank Indonesia bersama Pemerintah mengeluarkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) bentuk kertas nominal Rp 75.000, Senin (17/8) kemarin. Uang tersebut dicetak sebanyak 75 juta lembar se-Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat Selasa (18/08)
di Kantor BI Sulut menyampaikan khusus di Sulut UPK yang dikeluarkan yakni berjumlah 700.000 lembar dan Pembagiannya akan dilakukan bertahap.

” Memang untuk tahap pertama dimulai kemarin sampai dengan 30 September 2020 melalui website
https://pintar.bi.go.id . Ayo Masyarakat silakan mendaftar di situs untuk menentukan waktu penukarannya. Untuk tempat penukaran di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara,” Jelas Arbonas.

Ditambahkan Arbonas, yang hendak menukar harus mencantumkan nomor KTP. Kemudian, per orang hanya boleh menukar sebanyak selembar saja dan tidak boleh diwakilkan.

” Alasan kami kenapa menukar di BI, karena pihaknya sekaligus akan mensosialisasikan cara menyimpan uang yang baik dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan uang,” Jelas Arbonas.

Lata dia, Banyak masyarakat yang belum mengetahui cara menyimpan uang supaya tidak lecek dan rusak, makanya momen penukaran uang kami jadikan juga untuk sosialisasi.

” Nantinya pada tahap kedua, akan dimulai pada 1 Oktober 2020 dan dimana penukarannya bisa melalui BI maupun bank umum yang ada di kabupaten kota dan Bisa ditukar sampai kuotanya habis,”.Jelasnya.

Dia menambahkan, bahan uang Rp75.000 ini bersifat durable materials yang dicetak di PT Peruri dan yang pasti ini bisa dijadikan sebagai alat pembayaran.

Terlihat pada situs https://pintar.bi.go.id antusias masyarakat Sulut yang hendak menukarkan uang tersebut sangatlah tinggi karena jadwal penukaran sudah full booking hingga 3 September 2020.

Rencananya BI akan membuka lagi jadwal berikutnya. Makanya silakan dipantau situsnya dan jangan sampai terlewat kesempatan mendapatkan UPK nominal Rp75.000. 




Tinggalkan Balasan